Penyelesaian Masalah : Tembok Berlumut

Penyelesaian Masalah : Tembok Berlumut

Kategori : Pengetahuan. Diposting pada : 29 Desember 2015 20:43:21

Tentunya sebagian dari kita pernah mengalami, atau setidaknya melihat tembok yang penuh dengan lumut, bukan? Apa penyebabnya tembok kita menjadi berlumut, dan terlihat jorok? Setidaknya ada beberapa alasan, diantaranya:

  • Pengecatan tembok yang tidak pada waktunya / tembok belum siap dicat karena masih terlalu lembab.
  • Tembok masih mengandung banyak zat alkali yang mendukung pertumbuhan lumut / jamur.
  • Kualitas cat yang tidak sesuai / terlalu rendah

Jadi, bagaimana solusinya bila tembok kita mengalami hal seperti ini? Berikut adalah solusi yang kami sarankan:

  • Kerok dahulu tembok yang bermasalah dengan scraper. Disarankan, pengerokan dilakukan sampai benar-benar habis dan rata, supaya warna cat tidak belang-belang.
  • Karena tembok mudah lembab, sangat dianjurkan menggunakan waterproofing seperti Welproof, Top Seal, Aquaproof, No Drop, atau Sika Raintite. Dan tembok berlumut juga harus dilapisi lapisan primer / anti alkali supaya jamur tidak tumbuh. Dan, ada cat tembok yang mampu mengatasi ketiga-tiganya, yaitu Welproof dan Top Seal.
  • Warna yang diberikan Welproof dan Top Seal sudah cukup baik, akan tetapi jika kita ingin memberi cat dengan warna lain, atau kita menggunakan Anti Alkali dan Waterproofing secara terpisah, kita dapat menggunakan cat tembok lainnya untuk memberi warna yang indah. Merk cat tembok juga disesuaikan dengan tempat pengecatan kita.
    Jika didalam ruangan, sebaiknya cat yang digunakan adalah cat tembok Interior (Weldon, Envi, Belazo ME, Dulux Pentalite, Vinilex, dsb), dan jika diluar ruangan menggunakan cat tembok Eksterior (Belazo EF, Dulux Weathershield, Mowilex Weathercoat, dsb).
  • Jangan hanya melapisi cat dengan 1 lapisan saja supaya warna tembok terlihat lebih kuat, dan tidak cepat pudar. Disarankan melakukan 2 - 3 kali pengecatan, setelah pemberian Anti Alkali dan Anti Air.

Semoga artikel ini membantu kita mengerti dan mampu mengatasi permasalahan tembok yang berlumut.

« Back