Penyelesaian Masalah : Warna Tembok Tidak Rata

Penyelesaian Masalah : Warna Tembok Tidak Rata

Kategori : Artikel. Diposting pada : 29 Desember 2015 20:42:51

Tentunya setiap kita ingin sekali dong punya tembok yang indah, Tembok dengan warna yang sesuai dengan selera kita, tembok dengan warna yang rapi dan bersih.. Tapi sayangnya, ada salah satu masalah pengecatan yang cukup mengganggu keindahan tembok, yaitu warna yang tidak rata.

Warna tembok tidak rata / belang biasanya terjadi karena 2 hal. Yang pertama, ketika kita melanjutkan tembok yang sudah dicat dengan nama warna yang sama, tapi merk yang berbeda. Misalnya, awalnya kita mengecat tembok kita dengan warna Adelweiss merk Weldon. Lalu, karena ternyata catnya sudah habis dan kita ingin beli lagi untuk melanjutkan pengecatan, kita membeli warna Adelweiss juga, tapi merk Envi. Sekalipun nama warnanya sama, perlu diingat kalau hasil yang diberikan tiap merk akan berbeda-beda.

Yang kedua, karena proses pengecatan yang tidak sesuai prosedur yang disarankan. Pengecatan disarankan dilakukan dalam 2 - 3x lapis (tergantung merk, rata-rata cukup dilakukan 2x). Tapi, ada juga yang sayang catnya cepat habis, jadi dibiarkan satu kali lapis saja biar hemat. Toh sudah cukup berwarna kok.. Sayangnya, setelah cat mengering nanti, warna yang melekat ditembok akan menjadi sedikit lebih pudar, dan akan sangat terlihat jelas bagian yang tebal dan tipis.. Padahal, kalau kita mengecat dalam 2x lapis, perbedaan ketebalan warna ketika cat mengering tidak akan terlalu terlihat, karena sudah cukup tebal.

Lantas, bagaimana jika cat di tembok saya sudah seperti ini? Jika cat yang tidak rata itu masih bagus dan tidak terkelupas, anda bisa langsung menumpuknya dengan cat tembok warna yang sama / warna yang lain. Kalau anda memilih menumpuk dengan warna lain, disarankan menggunakan cat Weldon yang memiliki daya tutup yang lebih baik. Tentunya jangan lupa juga, tetap menggunakan prosedur 2x lapisan setelah lapisan pertama mengering.

Lalu, jika ternyata cat tembok lama anda yang warnanya tidak rata juga sudah rusak dan terkelupas, disarankan segera mengerok seluruh lapisan tembok lama dengan scraper. Tidak ada batasan dalam memilih alat cat, Anda bisa menggunakan kuas, kuas roller, atau spray sekalipun. Semoga artikel ini membantu kita mengenal, memahami dan menyelesaikan masalah tembok kita jika memiliki warna yang tidak rata.

« Back